Indikator
  • Undercontruction

Ingin Tetap Sehat, Siapkan Buah ini Saat Lebaran

Home / Kesehatan / Ingin Tetap Sehat, Siapkan Buah ini Saat Lebaran
Ingin Tetap Sehat, Siapkan Buah ini Saat Lebaran ILUSTRASI. (Foto: daily)

PANDEGLANGTIMES, JAKARTA – Merayakan lebaran dengan beragam sajian makanan yang menggoda. Ada opor ayam, sambel gorang ati, rendang dan menu khas lebaran lainnya. Belum lagi aneka kue kering, dan kacang-kacangan.

Hmm.. Anda harus hati-hati yaa, jangan sampai terlena dengan ragam makanan lezat berkuah santan itu, sebab dapat memicu kolesterol.

Bahayanya kolesterol tinggi bisa memicu terjadinya stroke atau bahkan serangan jantung.

Sebagai antisipasinya Anda juga harus menyiapkan aneka buah. Buah apa saja yang bisa mencegah kolesterol?

1. Apel

Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin — serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urin dan feses.

Apel juga mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Terlebih, serat apel memberikan rasa kenyang yang lama sehingga Anda dapat menghindari ngidam makan makanan yang tidak sehat.

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral, serta, dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi 1 buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Penelitian menunjukan selain memengaruhi kadar kolestrol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama — bahkan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi — dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com