Lewat BUMD, Produksi Kopi Bondowoso Ditarget Naik 30 Persen

Home / Berita / Lewat BUMD, Produksi Kopi Bondowoso Ditarget Naik 30 Persen
Lewat BUMD, Produksi Kopi Bondowoso Ditarget Naik 30 Persen Bupati Bondowoso, H Amin Said Husni saat menjadi narasumber Sarasehan Peningkatan Ekspor Kopi dan Kakao Indonesia, di Hotel Aston, Jember, Jawa Timur, Selasa (17/7/2018) (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESPANDEGLANG, JEMBERPemkab Bondowoso memasang target produksi kopi Arabika Bondowoso Java Ijen-Raung naik 30 persen lewat berdirinya BUMD PT Bondowoso Gemilang

"Kita pasang target bisa naik 30 persen-lah. Dari produksi 3.000 ton bisa naik jadi 4.000 ton. Itu sudah bagus," kata Bupati Bondowoso Amin Said Husni, saat menghadiri Sarasehan Kopi dan Kakao di Hotel Aston, Jember, Jawa Timur. 

BUMD.jpg

Ia mengatakan saat ini ekspor kopi Bondowoso ke luar negeri masih 900 ton. Jumlah ini, kata Amin, juga ditarget naik 30 persen atau menjadi 1.200 ton lewat berdirinya BUMD.

"Fokus ekspor kita saat ini masih di Eropa karena eksportir Indocom yang kita gandeng memang menggarap pasar Eropa," katanya. 

Pemerintah Bondowoso juga tengah menggodok Perda tentang perlindungan program klusterisasi kopi rakyat. Saat ini, perda tersebut masih dibahas oleh Pansus dan ditarget rampung akhir Juli nanti. 

"Saat ini Perda masih dilevel Pansus dan akhir juli mudah-mudah sudah bisa dibawa ke Paripurna untuk pengesahannya," katanya.

BUMD-2.jpg

Sebagai informasi, Bondowoso menggagas program klusterisasi kopi rakyat pada tahun 2011. Pada perjanjian awal, program itu melibatkan tujuh pihak. Yakni, Pemkab Bondowoso, Perhutani, APEKI Bondowoso, Bank Jatim, Bank Indonesia, Puslitkoka, dan Indocom. 

Kopi Arabika Java Ijen Raung yang mendapatkan sertifikasi indikasi geografis (IG) Java Ijen-Raung juga dinobatkan sebagai 10 kopi terbaik oleh Kementerian Pertanian. Keberhasilan ini dilanjutkan dengan mulai dikembangkan pertanian kopi di kawasan lereng pegunungan Argopuro. Untuk ekspor akan ditangani BUMD PT Bondowoso Gemilang. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com