Indikator
  • Undercontruction

Menurunkan Berat Badan saat Menyusui? Yuk

Home / Kesehatan / Menurunkan Berat Badan saat Menyusui? Yuk
Menurunkan Berat Badan saat Menyusui? Yuk Tips menurunkan berat badan saat menyusui. (FOTO: Kompassehat.com)

PANDEGLANGTIMES, JAKARTAMenyusui adalah tahap yang sangat penting untuk bayi. Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari agar bayi Anda juga sehat. Tak jarang, saat menyusui Anda akan menjadi lebih gemuk. Lalu, apa saja makanan yang baik untuk menurunkan berat badan saat menyusui? Yuk, simak ulasannya yang dilansir dari Hello Sehat berikut ini.

1. Sayur dan Buah

Sayur dan buah menjadi makanan yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi, termasuk juga saat menyusui. Bahkan, buah bisa jadi camilan sehat selama Anda menyusui.

Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh Anda sekaligus penting untuk meningkatkan produksi ASI untuk bayi Anda.

2. Makanan Kaya Protein

Dilansir dari Mom Junction, selama menyusui kebutuhan protein menjadi lebih tinggi. Makanan tinggi protein menjaga sel-sel pada tubuh Anda tetap sehat. Selain itu, protein yang terkandung pada ASI akan memperkuat otot bayi dan memberi energi pada bayi. Kekurangan protein saat menyusui membuat Anda mulah lelah dan kemungkinan juga bisa memengaruhi produksi ASI.

Agar berat badan dapat dikelola, sebaiknya makanan tinggi protein dikonsumsi saat sarapan. Anda bisa menikmati telur, kacang-kacangan, yogurt, tahu, susu rendah lemak, dan oat. Selain itu, sumber protein juga bisa Anda dapatkan dari daging ayam, sapi, dan ikan. Hanya saja, Anda harus memilih daging tanpa lemak.

3. Makanan Mengandung Lemak Sehat

Terlalu sering mengonsumsi makan berlemak bisa menaikkan berat badan hingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, tidak semua lemak itu jahat. Tubuh tetap memerlukan lemak, yaitu lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3.

Anda dapat memperoleh lemak tersebut dari berbagai jenis makanan. Misalnya, pada buah alpukat, hampir semua kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon dan tuna.

Untuk menghindari kenaikan berat badan, Anda juga harus mengurangi makanan tinggi karbohidrat dan menggantinya dengan makanan tinggi protein, serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Keseluruhan nutrisi tersebut bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar dan tetap berenergi, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan dengan mudah. Yang terpenting, nutrisi pada ASI tetap terjaga selama menyusui. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com