Indikator
  • Undercontruction

BNPB Belum Pastikan Jumlah Pengungsi Bayi dan Anak-Anak dari Gempa Lombok

Home / Peristiwa - Nasional / BNPB Belum Pastikan Jumlah Pengungsi Bayi dan Anak-Anak dari Gempa Lombok
BNPB Belum Pastikan Jumlah Pengungsi Bayi dan Anak-Anak dari Gempa Lombok Suasana di pos pengungsian gempa Lombok. (FOTO: BNPB for TIMES Indonesia)

PANDEGLANGTIMES, JAKARTA – Dampak gempa bumi 7 SR yang diikuti ratusan gempa susulan telah meluluhlantakkan Lombok. Data korban akibat gempa terus bertambah.

Terdapat 387.067 jiwa pengungsi yang tersebar di ribuan titik. Pengungsi terus memerlukan bantuan karena belum semua kebutuhan dasar pengungsi terpenuhi. Bahkan hingga Sabtu (11/8/2018) masih terdapat pengungsi yang belum mendapat bantuan karena sulitnya akses untuk menjangkau lokasi pengungsi.

Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa pengungsi tersebar di ribuan titik yang terdapat di Kabupaten Lombok Utara 198.846 orang, Kota Mataram 20.343 orang, Lombok Barat 91.372 orang, dan Lombok Timur 76.506 orang. "Dari 387.067 jiwa pengungsi tersebut terdapat bayi dan anak-anak yang perlu mendapat perlakukan khusus selama mengungsi," kata Sutopo dalam keterangan tertulis kepada media.

"Bayi dan anak-anak termasuk kelompok rentan bersama dengan ibu hamil, lansia, dan disabilitas. Mereka perlu mendapat perlakukan khusus karena rentan selama di pengungsian," ujarnya.

Sutopo menerangkan, hingga saat ini belum ada data berapa jumlah bayi dan anak-anak dari 387.067 jiwa pengungsi gempa bumi. Tetapi diperkirakan terdapat puluhan ribu jiwa. "Data sementara di Kabupaten Lombok Utara terdapat 1.991 jiwa balita berusia nol sampai lima tahun dan 2.641 jiwa anak-anak berusia 6 sampai 11 tahun," imbuhnya. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com