Indikator
  • Undercontruction

Awas! Sering Makan Mi Instan Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Home / Kesehatan / Awas! Sering Makan Mi Instan Bisa Sebabkan Penyakit Ini
Awas! Sering Makan Mi Instan Bisa Sebabkan Penyakit Ini ILUSTRASI. (FOTO: Hello Sehat)

PANDEGLANGTIMES, JAKARTA – Rasanya tidak ada orang yang tidak tahu mi instan. Makanan ini adalah salah satu makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Memiliki banyak varian rasa, mi instan sering menjadi pilihan seseorang yang tidak ingin repot saat lapar. Meski praktis, mi instan berisiko untuk kesehatan tubuh.

Dalam sebuah laporan yang dimuat di Journal of Nutrition, disebutkan konsumsi mi instan bisa mengakibatkan masalah jantung, terutama pada wanita.

Laporan tersebut dibuat berdasarkan hasil penelitian di Korea Selatan, negara dengan konsumsi mi instan tertinggi di dunia. Penelitian dilakukan terhadap 10.700 perempuan berusia 19-64 tahun.

Hasilnya, perempuan yang banyak mengkonsumsi mi instan mengalami sindrom metabolisme, terumasuk risiko obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol, gula darah tinggi, dan meningkatnya risiko penyakit jantung dan diabetes. Yang lebih memprihatinkan, masalah ini justru lebih banyak menyerang wanita.

Seperti dilansir dari Tempo, perempuan yang mengonsumsi mi instan setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko 68 persen lebih tinggi mengalami masalah metabolisme.

Tingginya kandungan sodium pada mi instan dianggap menjadi penyebab utama masalah kesehatan itu. Agar tak berisiko tinggi terkena penyakit jantung, sebaiknya Anda membatasi jumlah konsumsi mi instan.

Mengonsumsi mi instan satu atau dua kali dalam sebulan tak masalah. Tapi kalau sering memakannya dalam seminggu, itu yang masalah. Selain membatasi jumlah konsumsinya, sebaiknya Anda juga memperhatikan cara memasak yang benar agar tidak terlalu berisiko untuk kesehatan tubuh. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com