Indikator
  • Undercontruction

Tersiksa karena Sariawan? Yuk Atasi dengan Bahan Alami Ini

Home / Kesehatan / Tersiksa karena Sariawan? Yuk Atasi dengan Bahan Alami Ini
Tersiksa karena Sariawan? Yuk Atasi dengan Bahan Alami Ini ILUSTRASI - Sariawan. (FOTO: PortalPintar.com)

PANDEGLANGTIMES, JAKARTASariawan memang sangat mengganggu. Kita jadi kesulitan untuk makan, bahkan tak jarang mulut jadi lebih banyak diam karena sariawan. Lakukan pengobatan sariawan secepat mungkin agar tidak semakin parah.

Jika biasanya menggunakan obat-obatan kimia untuk mengobati sariawan, Anda juga bisa mencoba bahan makanan alami yang terbukti mampu menyembuhkan sariawan. Apa saja bahan alami yang bisa mengatasi sariawan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mengunyah tangkai seledri

Siapa sangka dengan mengonsumsi seledri, utamanya bagian batangnya, baik dalam keadaan segar ataupun telah melalui metode pemasakan, mampu mengatasi sariawan dengan cukup baik.

Batang seledri terbukti mampu mengatasi sariawan karena bersifat analgesik, antiradang dan antinflamasi. Hal ini sangat penting untuk mendukung penyembuhan luka sariawan pada rongga mulut.

2. Mengunyah daun basil

Daun yang satu ini terkenal dengan kandungan antibakteri dan antifungal, atau antijamur, yang tinggi. Kondisi ini tentu sangat cocok untuk mengatasi luka pada sariawan agar tidak bertambah parah.

Anda bisa mengonsumsi daun basil secara langsung. Kunyah hingga lembut lalu minum segelas air putih. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari agar sariawan dapat segera teratasi.

3. Berkumur dengan santan segar

Santan ternyata bisa membantu menyembuhkan sariawan.  Anda bisa menggunakan santan segar untuk berkumur atau mengoleskan santan pada luka sariawan.

Pilih salah satu saja diantaranya agar manfaatnya lebih optimal, ya. Anda bisa berkumur atau mengoleskan santan pada luka, sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

4. Berkumur dengan air garam

Cara yang satu ini tentu cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok makan garam dalam satu gelas air hangat, lalu berkumurlah selama 30-60 detik. Anda bisa melaukannya sebanyak 3-4 kali sehari.

5. Mengoleskan madu

Madu sudah terkenal dengan kandungan antioksidan tinggi dan sifat antimikrobanya. Hal ini membuat madu merupakan pilihan yang tepat untuk membunuh kuman penyebab sariawan.

Anda bisa langsung mengoleskan madu pada luka sariawan sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

6. Menempelkan es batu

Cara terakhir yang bisa jadi pilihan super mudah, adalah dengan menggunakan es batu. Tidak kalah dengan bahan makanan yang memiliki sifat menyembuhkan lainnya, es batu bisa memberikan manfaat berupa meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan pada area sariawan.

Anda boleh mencobanya, namun tidak perlu melakukannya terlalu sering, maksimal 2 kali dalam sehari saja, ya.

Itulah 6 cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mempercepat pengobatan sariawan. Selain mengonsumsi makanan di atas selalu jaga kebersihan mulut agar tidak mudah sariawan. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com