KPU RI Tak Persoalkan Parpol Usung Caleg Artis

Home / Berita / KPU RI Tak Persoalkan Parpol Usung Caleg Artis
KPU RI Tak Persoalkan Parpol Usung Caleg Artis KPU. (FOTO: Merdeka)

TIMESPANDEGLANG, JAKARTAKPU RI (Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia), tak mempersoalkan kapasitas calon anggota legislatif (Caleg) dari kalangan artis. Sebab, itu menjadi tanggungjawab masing-masing parpol pengusung.

"Kita (KPU) tidak dalam posisi menilai kemampuan personal dari bacaleg DPR dan DPRD. Kita yakin parpol sudah mempertimbangkan banyak hal dalam mencalonkan seseorang menjadi bacaleg DPR dan DPRD. Utamanya terkait kemampuan dan rekam jejaknya," ujar Wahyu kepada wartawan di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Wahyu menegaskan, KPU hanya berkewenangan dalam memastikan bacaleg memenuhi syarat atau tidak. Sehingga, mengenai kapasitas personal bacaleg yang memiliki kemampuan politik dan lainnya, bukan domain dari KPU RI.

"KPU hanya berwenang memastikan bahwa semua bacaleg DPR DPRD benar-benar memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan UU dan PKPU yang ada," terangnya.

KPU RI yakin masyarakat sudah mulai cerdas dan dapat memberikan penilaian tentang calon wakil (Caleg) yang cocok menyampaikan aspirasi mereka di parlemen. rakyat akan memilih artis atau tidak. "Pada saatnya nanti, masyarakat yang akan menilai. Kemudian, memilih melalui hak politiknya," demikian kata Wahyu. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com