Indikator
  • Undercontruction
Glutera News

Mengapa Mencintai Pekerjaan Itu Penting?

Home / Glutera News / Mengapa Mencintai Pekerjaan Itu Penting?
Mengapa Mencintai Pekerjaan Itu Penting? (FOTO: Glutera)

PANDEGLANGTIMES, JAKARTA – Saat ini mencari pekerjaan sangat sulit, apalagi menemukan pekerjaan yang dicintai. Memang susah-susah gampang. Tetapi jika Anda sudah berhasil menemukannya dan mencintai pekerjaan Anda, mencari uang bukan lagi menjadi beban yang harus dipikul.

Melakukan pekerjaan yang dicintai juga memberi banyak manfaat. Misalnya, Anda akan lebih bahagia, lebih produktif, dan lebih positif dalam berpikir. Sementara mereka yang membenci pekerjaannya, para ahli menyatakan kalau orang-orang tersebut akan mudah stres.

Berikut ini, Business News Daily membagikan sepuluh alasan kenapa Anda harus bekerja sesuai minat dan kecintaan. Atau, setidaknya Anda bisa menemukan cara mencintai pekerjaan yang sekarang tengah Anda tekuni.

1. Lebih Percaya Diri

Orang-orang yang mencintai pekerjaannya memiliki perasaan yang lebih baik pada dirinya sendiri. Hal itu disampaikan oleh Sherry Mirshahi-Totten dari Roadmap Career Services.

"Rasa percaya diri Anda akan lebih tinggi karena Anda merasa diberi kekuatan atas apa yang Anda lakukan. Atasan pun akan memberi penghargaan pada prestasi Anda tersebut," demikian tuturnya.

2. Penuh Motivasi

Ellen Ercolini, penasihat karir, percaya bahwa melakukan pekerjaan yang dicintai adalah hal yang sangat penting. Sebab ketika semakin besar tantangan dalam pekerjaan, Anda akan semakin termotivasi untuk melakukan yang terbaik.

"Daripada stres dengan pekerjaan yang dibenci dan menganggu kehidupan pribadi, sebaiknya rasakan inspirasi dari tantangan pekerjaan yang Anda cintai," ungkap Ercolini.

3. Inspirasi Teman Kerja

Berbeda lagi dengan Mary Hladio. Presiden Ember Carriers Leadership Group ini menyampaikan kalau melakukan pekerjaan yang dicintai akan mampu menginspirasi teman-temannya.

"Mereka yang cinta pekerjaannya lebih jarang mengeluh dan lebih produktif. Tentu saja orang seperti ini lebih dihargai dan menginspirasi teman yang lain," kata Hladio.

4. Menghasilkan Uang

"Sisi positif mencintai pekerjaan adalah meningkatnya kesempatan kenaikan penghasilan" terang Karen Garvey yang berprofesi sebagai penulis.

Tentu saja hal tersebut benar. Sebab jika Anda membenci pekerjaan, tidak ada motivasi untuk mengembangkan diri. Kenaikan penghasilan pun hanya sebatas mimpi semata.

5. Menyehatkan Tubuh

Mencintai pekerjaan juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal itu disampaikan oleh penulis Walter Meyer.

"Tekanan batin yang dirasakan ketika melakukan pekerjaan yang dibenci akan meningkatkan risiko hipertensi, sakit kepala, dan yang lain," terang Meyer.

6. Pekerja yang Dihargai

Orang yang mencintai pekerjaannya menghabiskan banyak waktu untuk memperbaiki apa yang mereka lakukan. Hal itu tentu saja dipantau  dan membuat mereka lebih dihargai, demikian menurut ahli karir, Kathi Elster.

"Anda tidak akan menebak apa yang bisa terjadi, sebab Anda semakin dihargai oleh atasan," tegas Elster.

7. Kehidupan Pribadi

Ahli karir Melissa Heisler ikut angkat bicara. Menurutnya, mencintai pekerjaan akan membuat seseorang memiliki kehidupan pribadi yang lebih menyenangkan.

Heisler berkata, "Daripada pulang dengan stres dan sakit kepala akut, orang yang cinta pekerjaan akan datang ke rumah dengan energi membara untuk menyenangkan keluarganya."

8. Lebih Produktif

Cheryl Palmer, ahli karir yang menyampaikan kalau mencintai pekerjaan membuat kita lebih produktif.

"Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian. Jadi penting bagi Anda mencintai apa yang sedang Anda lakukan sehingga Anda bisa memenuhi tantangan pekerjaan dan lebih produktif," terang Palmer.

9. Menyehatkan Mental

Selain menyehatkan tubuh, melakukan pekerjaan yang dicintai juga baik bagi mental. Hal itu disampaikan oleh Angelo Kinicki dari WP Carey School of Business di Arizona State University.

"Penting bagi Anda melakukan pekerjaan yang dicintai. Sehingga apa yang Anda lakukan lebih bermakna dan bertujuan jelas. Semua itu pun berhubungan dengan kesehatan mental secara keseluruhan," tutur Kinicki.

10. Lebih Bersyukur

Terakhir, konsultan keuangan bernama Derek Olsen percaya kalau karyawan yang mencintai pekerjaannya merasa lebih bersyukur daripada mereka yang membenci.

"Anda harus mencintai pekerjaan Anda. Sehingga Anda pun akan lebih bersyukur dan mampu melayani semua orang dengan baik," tandas Olsen. (*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com