Tiga Mahasiswa UMP Teliti Kulit Semangka untuk Obat Jerawat

Home / Pendidikan / Tiga Mahasiswa UMP Teliti Kulit Semangka untuk Obat Jerawat
Tiga Mahasiswa UMP Teliti Kulit Semangka untuk Obat Jerawat Mahasiswa UMP Ciptakan Gel Anti jerawat dari Limbah Kulit Buah Semangka (Citrullus lanatus). (FOTO: Humas UMP for TIMES Indonesia)

TIMESPANDEGLANG, PURWOKERTO – Tiga mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) meneliti limbah kulit semangka sebagai obat jerawat

Di bawah bimbingan dosen fakultasnya, tiga mahasiswa itu, Yola Anggraeni Tika Ambarwati dan Irmas Miranti rencananya akan membuat sebuah gel antijerawat dari limbah kulit semangka yang mereka namakan "Citrula Gel".

"Banyak yang beranggapan bahwa kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih itu sebagai limbah. Namun ternyata, kulit bagian dalam buah semangka itu memiliki banyak kandungan gizi," kata Yola Anggraeni, Kamis (19/7/2018) seperti dilansir Antara.

Menurut Yola bersama dua rekannya, yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) itu, kulit buah semangka memiliki senyawa aktif yang dapat berfungsi sebagai antibakteri, yakni terpenoid.

Senyawa aktif terpenoid ini mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid. "Likopen ini diklaim memiliki kerja lebih baik dibanding antioksidan," kata Yola yang juga sebagai ketua tim PKM PE Faklutas Farmasi UMP itu.

Mahasiswa UMP ini berharap, "Citrula Gel" nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas untuk mengatasi masalah jerawat dengan murah. Karena buah semangka (termasuk kulit semangka) ini banyak ditemukan di Indonesia dan mudah diperoleh. Selain itu harganya cukup terjangkau atau murah. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com