Bank Indonesia Tetap Pertahankan Suku Bunga Acuan 5,25 persen

Home / Ekonomi / Bank Indonesia Tetap Pertahankan Suku Bunga Acuan 5,25 persen
Bank Indonesia Tetap Pertahankan Suku Bunga Acuan 5,25 persen Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. (FOTO: Kompas TV)

TIMESPANDEGLANG, JAKARTA – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 18-19 Juli 2018 memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan, BI 7-day Reverse Repo Rate tetap sebesar 5,25 persen.

Adapun suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 4,50 persen dan suku bunga Lending Facility tetap sebesar 6,00 persen.

"Fokus kami tetap bahwa instrumen moneter digunakan untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan ekonomi," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Keputusan tersebut konsisten dengan upaya Bank Indonesia mempertahankan daya tarik pasar keuangan domestik di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi sehingga dapat menjaga stabilitas, khususnya stabilitas nilai tukar Rupiah.

Adapun langkah pelonggaran kebijakan makroprudensial oleh Bank Indonesia diyakini dapat meningkatkan fleksibilitas manajemen likuiditas dan intermediasi perbankan bagi pertumbuhan ekonomi.

Menurut Direktur Ekskutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman, Bank Indonesia juga meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk menjaga stabilitas dan menurunkan defisit transaksi berjalan. "Termasuk peningkatan devisa pariwisata dan pembiayaan infrastruktur oleh swasta," katanya.

Ke depan, tambahnya, Bank Indonesia akan terus mencermati perkembangan dan prospek perekonomian baik domestik maupun global, untuk menjaga daya tarik pasar keuangan domestik. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com