Begini Kebersamaan Humanis Satgas TMMD dengan Anak-Anak Desa

Home / Berita / Begini Kebersamaan Humanis Satgas TMMD dengan Anak-Anak Desa
Begini Kebersamaan Humanis Satgas TMMD dengan Anak-Anak Desa Bayu (10) bersama 2 temannya sedang bertanya kepada anggota Satgas TMMD. (FOTO: AJP/TIMEs Indonesia)

TIMESPANDEGLANG, BANJARNEGARA – Mendapati desa kelahiran dibangun TNI, Jesi (4,5), Bayu (10) dan Rahmad (11), berasa bahagia. Anak-anak Dusun Kroya, Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, ini dengan ceria dan penuh tanya mendatangi lokasi dimana TNI berada.

Jalan sore mereka terhenti saat berpapasan dengan Kopda Budi Raharjo, anggota Satgas TMMD Kodim Banjarnegara dari Yonif 405/Suryakusuma. Rabu (18/7/18).

Melihat keramahan TNI tersebut, tanpa canggung Bayu mendekat untuk menanyakan tentang perihal kenapa TNI yang membangun desa mereka dan apa lagi yang akan dibangun.

Dengan sabar dan senyuman, Budi Raharjo merespon memberikan penjelasan kepada ketiganya dengan bahasa dan perumpamaan yang mudah dicerna anak seusia mereka. Ia juga memberikan gambaran bahwa belajar tidak harus melulu diruang kelas. Kegiatan out class seperti jalan dan lari sore melintasi jalan desa juga sangat bagus untuk lebih mengenal lingkungan tempat tinggal.

“Mereka adalah anak bangsa yang cerdas, maka saya beri tugas berhitung sambil berolah raga,” ucap Budi. Mereka diberi perintah untuk menghitung jumlah TNI, Polri dan warga yang sedang bekerja, kemudian kembali melaporkan hasilnya.

Dengan kegiatan pemahaman seperti itu, terbukti ampuh menumbuhkan semangat anak-anak belajar, apalagi yang dihitung adalah tentara atau polisi yang merupakan menjadi cita-cita mereka. Melihat moment itu, Serda Rusino, anggota penerangan Kodim 0704/Banjarnegara segera mengabadikannya untuk diviralkan ke media.

Terlebih saat ini Kodim 0704/Banjarnegara sedang melaksanakan Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler 102 tahun 2018, mewakili Korem 071 Wijaya Kusuma, Kabupaten Banjarnegara maupun Kodam IV Diponegoro untuk mempertahankan gelar juara.

Selama ini Kodam IV/Diponegoro melalui 9 Kodim jajaran Korem 071/WK, adalah pemegang juara bertahan publikasi nasional jurnalistik TMMD Reguler bersama para mitra wartawan dari seluruh Jawa Tengah maupun luar propinsi.

Terakhir kali adalah juara pertama, melalui Kodim 0702 Purbalingga dalam Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler Ke-101 April 2018.  Hal serupa akan dikejar lewat TMMD Kodim Banjarnegara ini. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com